http://1.bp.blogspot.com/-JAztj-i4vZA/UUQkuy5nbyI/AAAAAAAAAG0/Pwxi7oq1hck/s1032/HEADER.png

Kamis, 14 Maret 2013

Aksi Paling Heroik di Hotel



Siapa Sangka, Ada Aksi Paling Heroik di Hotel Majapahit



img

Jakarta - Hotel Majapahit di Surabaya dikenal wisatawan sebagai hotel megah dengan sederet penghargaan. Tapi kalau tahu nama aslinya, Hotel Oranje, semua turis mendadak ingat dengan aksi paling heroik di masa perang kemerdekaan.

Pada 19 September 1945, sekelompok arek-arek Suroboyo dengan gagah berani memanjat Hotel Oranje yang dinamai penjajah Jepang sebagai Hotel Yamato. Mereka merobek bendera Belanda, merah putih biru, sehingga menjadi Bendera Merah Putih.

Aksi itu menjadi awal dari peristiwa 10 November 1945 yang dikenal sebagai Hari Pahlawan. Sampai saat ini, hotel tersebut terus berdiri dengan anggun dengan nama Hotel Majapahit. Jika ingin mengenang peristiwa itu, turis bisa datang ke Hotel Majapahit untuk mengikuti tur khusus.

"Kita sediakan paket tur keliling Hotel Majapahit dengan guide. Nanti dia menjelaskan awal berdiri dan tempat bersejarah di hotel dan peristiwa sejarahnya," kata Marketing Communication Manager Hotel Majapahit, Melania Octavianti kepada detikTravel, Rabu (13/3/2013).

Tur ini termasuk dengan membawa wisatawan ke lokasi historis perobekan bendera Belanda. Kalau peserta tidak banyak, pihak hotel menawarkan turis untuk naik ke atap hotel.

"Tapi biasanya kita melihat dari bawah. Jarang yang ke atas karena faktor usia atapnya. Selain itu akses ke atas itu sempit, hanya untuk satu orang," kata Melania.

Walaupun tur ini bisa dilakukan di antara pukul 10.00-17.00 WIB, biasanya tur dilakukan sore hari saat matahari sudah mulai turun. Tur berlangsung selama 15-20 menit dan diakhiri dengan menikmati snack Indonesia-Belanda di Cafe 1910.

"Tur ini harganya Rp 65 ribu/orang nett, satu orang pun kami layani turnya. Karena sore hari, konsepnya memang afternoon tea," kata dia.

Hotel Majapahit menerima tur perorangan atau rombongan. Kalau rombongan, Melania meminta grup wisatawan menelepon pihak hotel terlebih dahulu agar bisa dicarikan slot yang tepat. Tur sejarah di Hotel Majapahit sudah berlangsung selama 5 tahun, tapi tur dengan jamuan cafe ini baru dimulai sejak 1 Desember 2012.

"Kebanyakan wisman dari Belanda, ada yang sudah tua ada juga yang mahasiswa. Kalau wisatawan Indonesia itu masyarakat umum. Mereka kebanyakan tahu dari web dan travel agent," jelas dia.

Melania menjamin, Hotel Majapahit tidak pernah berubah sedikit pun sejak berdiri sebagai Hotel Oranje pada tahun 1910, Hotel Yamato pada tahun 1945, Hotel Merdeka pada tahun yang sama dan akhirnya menjadi Hotel Majapahit sejak 1969. Nah, tamu hotel bisa gratis jalan-jalan sendiri menikmati bangunan bersejarah ini, tapi kalau mau ikut paket tur dengan jamuan makan ini, mereka membayar seperti wisatawan umum.

Kalau mau menginap, Hotel Majapahit memiliki 4 tipe kamar. Kamar Garden Terrace harganya Rp 1.350.000++/malam. Kamar Executive Suites harganya Rp 1,6 juta++/malam. Kamar Majapahit Suites harganya Rp 2,6 juta++/malam. Presidential Suites menjadi yang paling mahal dengan harga Rp 25 juta++/malam.

sumber : detiktravel

Sameera ChathurangaPosted By Sutrisno A. Malik

Siap Melayani Pembelian Tiket Pesawat Murah dan Cepat Untuk Anda '24 JAM'.

Hubungi saya via:

- Twitter: @sutrisnoam / @sindangwangitur

- Facebook: sindangwangitour - Phone / Whatsapp: 0812 2823 9730

0 Responses So Far:

Posting Komentar