http://1.bp.blogspot.com/-JAztj-i4vZA/UUQkuy5nbyI/AAAAAAAAAG0/Pwxi7oq1hck/s1032/HEADER.png

Kamis, 14 Maret 2013

Rp 721 Ribu,Bisa liburan di Surabaya



img

Surabaya - Surabaya, traveler mana yang tak tergoda pesona kota ini. Liburan ke sini tak perlu mahal, Anda bisa traveling 3 hari 2 malam ke Surabaya dengan biaya Rp 721 ribu.

Dihimpun detikTravel, Kamis (14/3/2013) Anda bisa liburan murah ke Surabaya. Pertama, Anda bisa menggunakan kereta Gumarang kelas Ekonomi yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

Lama waktu perjalanan sekitar 15 jam dan tiket seharga Rp 170 ribu. Usahakan berangkat siang hari agar sampai di Surabaya bisa esok paginya.

Hari 1

Turun di Stasiun Turi, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Stasiun Gubeng dengan menggunakan kereta. Sesampainya di Stasiun Gubeng, Anda bisa berbelok ke kiri yaitu kawasan Stasiun Gubeng lama.

Karena pagi, Anda pun bisa langsung sarapan. Ada satu tempat makan yang buka 24 jam yang bernama Gubeng Pojok, terletak tidak jauh dari stasiun. Di sana tersedia hampir seluruh makanan dan tentunya, dengan harga yang terjangkau. Untuk menu satu nasi rawon dan teh tawar dihargai Rp 10 ribu.

Selesai makan, waktunya mencari penginapan. Tak jauh dari sana, tepatnya di Jl Kayun, ada banyak penginapan murah. Salah satu yang termurah adalah Sparkling Backpacker Hotel. Anda bisa menginap di sana dengan harga kamar Rp 100 ribu per malam. Anda bisa beristirahat sebentar sambil membersihkan diri sebelum lanjut menjelajah Surabaya.

Agar biaya transportasi lebih murah, Anda bisa menyewa motor. Route 031 Motorcycle Rent menawarkan 1 motor bebek dengan dua helm dan jas hujan dengan harga sewa Rp 50 ribu per 24 jam. Tujuan pertama adalah Jembatan Suramadu. Jembatan megah yang jadi ikon Surabaya ini menghubungkan Surabaya dengan Madura. Harga melewatinya untuk sebuah motor adalah Rp 3.000.

Selama kurang lebih setengah jam perjalanan di atas jalan mulus Jembatan Suramadu, Anda pun sampai di Madura. Jangan dulu pulang, karena di sana, tepatnya di daerah Bangkalan, ada rumah makan enak yang bernama Bebek Sinjai. Cukup sekitar Rp 20 ribu, Anda pun bisa menikmati bebek lezat lengkap dengan nasi dan minum.

Selesai menjelajah Suramadu dan makan siang di Madura, perjalanan dilanjutkan ke Monumen Kapal Selam. Dengan tiket masuk Rp 5.000, Anda bisa berkeliling ke kapal selam yang juga berjasa dalam proses kemerdekaan Indonesia.

Kini saatnya kuliner. Belokkan motor ke arah Mal Surabaya Plaza Hotel dan temukan ragam penjaja makanan lezat di sana. Masih di area itu, ada juga taman kota yang dipenuhi oleh bermacam komunitas seperti komunitas sepeda, skate dan lainnya.

Sambil menikmati malam, jangan lewatkan mencicip kuliner khas Surabaya seperti tahu campur atau tahu tek. Banyak penjual makanan di sekeliling taman, jadi ada ragam pilihan kuliner yang bisa dipilih. Ada juga angkringan di sana, untuk satu porsi makan, harga yang dihabiskan hanya Rp 10 ribu sudah termasuk minum dan kenyang.

Total pengeluaran: Rp 368 ribu

Hari 2

Hari kedua di Kota Pahlawan, masih banyak destinasi yang harus didatangi. Pagi hari, masih di dekat penginapan, nikmati pecel atau gado-gado dengan harga seporsi sekitar Rp 7.000. Selesai sarapan, Anda bisa melanjutkan penjelajahan dengan motor sewaan ke arah Masjid Cheng Hoo.

Masjid unik dengan paduan arsitektur gaya Arab, China, Jawa dan Belanda ini berada di Jl Gading No 2. Bentuk dan warna yang unik serta menarik ini paling pas bagi traveler para pecinta fotografi. Habiskan waktu Anda meneliti setiap bagian dan elemen unik di masjid ini.

Melanjutkan wisata religi, Anda bisa melancong ke makam Sunan Ampel yang terletak tidak jauh dari Masjid Cheng Hoo. Selesai mengunjungi makam salah satu Wali Songo, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke House of Sampoerna.

Pelajari sejarah kretek sampai wisata gratis di sekitar Kota Tua Surabaya dengan Surabaya Heritage Track. Tur gratis ini berlangsung selama satu jam dan 3 kali sehari. Anda bisa memilih jam tur antara lain 09.00-13.00 dan 15.00 WIB.

Ingin makan siang di spot wisata dan bersejarah? Datanglah ke Jembatan Merah. Di jembatan yang telah dibangun sejak tahun 1743 ini tidak hanya ada sejarah, namun juga ada beragam pedagang makanan yang menjaja kuliner dengan harga terjangkau. Cicipi rujak cingur, salah satu makanan khas Surabaya di sana hanya dengan harga Rp 7.000. 

Menjelang sore, Anda bisa santai di Tugu Pahlawan. Di sana, Anda bisa berburu foto di sekitar tugu. Tak jauh dari Tugu Pahlawan, tepatnya di Jl Kranggan, dekat Pasar Blauran, ada tahu campur yang terkenal lezat. Cukup Rp 12 ribu, Anda bisa puas menikmati kuliner khas Surabaya.

Taman Bungkul menjadi destinasi paling tepat saat malam tiba. Dengan asumsi Anda berlibur pada hari Sabtu, maka menghabiskan malam Minggu di Taman Bungkul jadi rencana sempurna. Ada beragam komunitas yang meramaikan taman tersebut. Tidak sebentar, kawasan ini akan tetap ramai hingga lewat tengah malam.

Total pengeluaran: Rp 176 ribu

Hari 3

Anda bisa keluar pagi-pagi, check out dari penginapan, dan sarapan di Pasar Turi. Satu porsi pecel di sana dihargai sekitar Rp 7.000. Setelah itu, Anda pun bisa belanja. Mulai dari belanja oleh-oleh hingga camilan khas bisa di sana. Selesai belanja, Anda pun bisa segera naik kereta untuk kembali ke kota asal. Pastikan Anda sudah membeli tiket jauh hari sebelum waktu kepulangan.

Total pengeluaran: Rp 177 ribu

Jadi, jika digabung, pengeluaran selama 3 hari dua malam di Surabaya lengkap dengan penginapan, tiket pp, makan dan motor sewaan adalah Rp 721 ribu. Tidak mahal bukan?

sumber : detiktravel.com

Sameera ChathurangaPosted By Sutrisno A. Malik

Siap Melayani Pembelian Tiket Pesawat Murah dan Cepat Untuk Anda '24 JAM'.

Hubungi saya via:

- Twitter: @sutrisnoam / @sindangwangitur

- Facebook: sindangwangitour - Phone / Whatsapp: 0812 2823 9730

0 Responses So Far:

Posting Komentar