http://1.bp.blogspot.com/-JAztj-i4vZA/UUQkuy5nbyI/AAAAAAAAAG0/Pwxi7oq1hck/s1032/HEADER.png

Kamis, 14 Maret 2013

8 Tempat Surabaya Banget



8 Tempat yang Surabaya Banget



img

Surabaya - Belum sah rasanya traveling ke suatu kota tanpa mendatangi ikon-ikon wisata di sana. Begitu juga dengan liburan ke Surabaya, ada 8 tempat yang wajib Anda datangi agar liburan terasa sempurna.

Mulai dari Jembatan Suramadu hingga Museum Mpu Tantular, banyak destinasi menarik yang bisa dijelajahi di Kota Pahlawan. Disusun detikTravel, Kamis (14/3/2013) inilah 8 tempat yang Surabaya banget!

1. Jembatan Suramadu

Tidak cuma Palembang yang memiliki jembatan megah, tapi Surabaya juga. Di sini, ada jembatan keren nan kokoh yang bernama Jembatan Suramadu. Jembatan ini resmi dibuka pada tahun 2009 silam dengan panjang sekitar 5.438 meter dan lebar sekitar 30 meter.

Selain sebagai penghubung antara Surabaya dan Madura, jembatan ini pun dengan segera menjadi salah satu ikon di Surabaya. Untuk bisa melewati jembatan ini, traveler dengan mobil harus membayar Rp 30 ribu dan motor harus membayar Rp 3 ribu. Nikmati pemandangan Selat Madura yang indah dari jembatan megah. Saat terbaik menghabiskan waktu di jembatan ini adalah malam hari. Rasakan siraman sinar lampu menggoda dari Jembatan Suramadu.

2. Masjid Cheng Hoo

Inilah salah satu bangunan unik yang ada di Surabaya. Masjid Cheng Hoo memiliki bentuk campuran antara gaya arsitektur Arab, China dan Jawa. Masjid berbentuk menyerupai kelenteng ini berada di area kompleks Gedung Serba Guna Pembina Imam Tauhid Islam Jawa Timur, Jl Gading No 2, Surabaya. Masjid ini dibangun karena ingin mengenang jasa Laksamana Muslim dari China yang bernama Cheng Hoo.

Karena jasanya menyebarkan Islam ke Nusantara, maka dibangunlah masjid indah dan unik ini. Dengan luas 321 meter persegi, Masjid Cheng Hoo mampu menampung hingga 200 jamaah. Memang tidak terlalu besar namun bentuk tidak biasanya selalu berhasil menarik wisatawan untuk melancong ke sana.

3. House of Sampoerna

Di sinilah tempat yang tepat untuk mengetahui serba serbi rokok. House of Sampoerna berada di Jl Taman Sampoerna No 6, Surabaya. Bangunan bergaya kolonial ini tidak cuma berisi museum namun juga pabrik salah satu merk rokok milik Sampoerna yaitu Dji Sam Soe.

Jadi setelah mengetahui sejarahnya, Anda pun bisa langsung menengok cara pembuatannya. Serunya, berwisata ke sini tidak akan dipungut biaya apapun. Saat malam, ada pertunjukan musik live di kafe sebelah museum.

4. Monumen Kapal Selam

Ingin mencoba sesuatu yang menarik saat traveling ke Surabaya? Kunjungi Monumen Kapal Selam yang ada di jantung Kota Pahlawan ini. Monumen yang juga merupakan museum ini adalah kapal selam KRI Pasopati 410 yang dibuat pada tahun 1952.

Belum lengkap jika hanya melihat dari luar, Anda bisa masuk ke dalamnya dengan membayar Rp 5.000 dan bersiap terseret ke suasana yang benar-benar berbeda. Ada beberapa ruangan yang bisa dijelajahi antara lain ruang listrik, ruang periskop, sampai ke kamar khusus kapten. Seru!

5. Museum 10 November

Siapa yang tak ingat dengan Peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Ini adalah perang pertama semenjak Kemerdekaan Indonesia. Untuk mengabadikan peristiwa ini, Surabaya membangun Museum 10 November yang berada di Jl Pahlawan. Museum ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 pada hari Senin, pukul 15.00 WIB pada hari Selasa-Kamis dan pukul 13.00 WIB pada Jumat-Minggu.

Di sini terdapat beragam koleksi sejarah seperti senjata, radio Bung Tomo, bendera organisasi dan foto pertempuran 10 November. Museum ini jadi tempat yang paling tepat bagi Anda yang ingin mendalami peristiwa heroik rakyat Indonesia yang ingin mempertahankan kemerdekaan. Ada ruang auditorium dan audiovisual yang jadi pendukung di dalam museum.

6. Ciputra Waterpark

Saatnya bermain air di waterpark terbesar se-Indonesia. Ciputra Waterpark yang berada di kawasan Citraland, Surabaya memiliki area seluas 5 hektar. Di sini, pengunjung bisa mencoba wahana favorit yaitu Roc Tower. Seluncuran setinggi 15 meter ini akan membuat Anda berteriak lepas dengan gembira.

Ada juga wahana Syracuse Beach atau kolam ombak, Sirens River yang merupakan sungai buatan yang bisa diarungi dengan menggunakan ban dan wahana lainnya yang tak kalah menarik. Untuk Selasa-Jumat, tiket masuk waterpark ini adalah Rp 55 ribu, sedangkan hari libur lainnya berkisar Rp 70-75 ribu. Pada weekdays, waterpark ini buka pukul 13.00-19.00 WIB sedangkan weekend buka pukul 10.00-19.00 WIB.

7. Pasar Turi

Kuliner sambil belanja? Pasar Turi tempatnya! Pasar ini menawarkan beragam toko dengan harga yang bersaing. Tepatnya, ini pasar untuk barang-barang grosir. Jadi Anda yang ingin memborong oleh-oleh, bisa berburu di sini.

Pasar ini pun punya kisah unik karena telah beberapa kali dilahap api namun tetap bisa berdiri tegap. Setiap hari, pasar ini selalu didatangi pengunjung, tak pernah sepi sedikitpun. Selesai berbelanja, Anda pun bisa puas wisata kuliner. Semua yang khas Surabaya ada di sini, mulai dari rujak hingga ragam kue tradisional. Nyam!

8. Jembatan Merah

Jembatan Merah bukan sekadar jembatan yang menghubungkan antara Jalan Rajawali dan Kembang Jepun. Lebih dari itu, ini adalah jembatan bersejarah yang telah berdiri sejak zaman Kolonial dahulu. Jembatan ini dulunya dibangun atas kesepakatan Sultan Pakubuwono II dengan VOC tahun 1743 lalu.

Sekitar tahun 1890, pembatas jembatan yang tadinya terbuat dari kayu diganti menjadi besi yang masih bertahan hingga kini. Di sekitar jembatan, ada beberapa bangunan peninggalan Belanda yang menambah kental suasana Kolonial. Juga, jembatan ini menjadi saksi hidup para pahlawan Surabaya. Mengunjungi jembatan ini menjadi wisata sejarah yang luar biasa.

sumber : detik travel.com

Sameera ChathurangaPosted By Sutrisno A. Malik

Siap Melayani Pembelian Tiket Pesawat Murah dan Cepat Untuk Anda '24 JAM'.

Hubungi saya via:

- Twitter: @sutrisnoam / @sindangwangitur

- Facebook: sindangwangitour - Phone / Whatsapp: 0812 2823 9730

1 Responses So Far:

Unknown mengatakan...

Liburan ke Surabaya? Jangan lupa main ke Ciputra Waterpark ya. . Kalau mau beli tiket nya ga ribet, coba di bingkis.co.id aja, gampang belinya, dapat cashback lagi. Cek disini
tiket ciputra waterpark

Posting Komentar