http://1.bp.blogspot.com/-JAztj-i4vZA/UUQkuy5nbyI/AAAAAAAAAG0/Pwxi7oq1hck/s1032/HEADER.png

Kamis, 13 Februari 2014

Rasa Kopi Toraja


Sulawesi menawarkan berjuta keelokan alam yang sangat mempesona dan menjadi tempat tujuan wisata yang akan membawa siapapun pada sebuah eksotisme alam yang sangat luar biasa. Di pulau ini terdapat berbagai tempat yang akan memanjakan pengunjungnya seperti Wakatobi, Takabone Rate, Lore Lindu, Pallete, Pegunungan Camba dan tentu saja Tana Toraja. Di Sulawesi Selatan sendiri terdapat pantai Losari yang sangat indah, tempat para Wisatawan menyaksikan Sunset.

Satu hal yang menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi, khususnya masyarakat Suawesi Selatan adalah terdapatnya sebuah daerah penghasil kopi yang sudah cukup dikenal di dunia yaitu Tana Toraja. Kopi dari Tana Toraja memang cukup terkenal, lihat saja dikota-kota besar di Indonesia banyak Caffee yang menyediakan Kopi Toraja sebagai minuman unggulan mereka. Beberapa waktu yang lalu saya pernah berkunjung ke sebuah Caffe di bilangan Kemang, Jakarta. Caffe mewah ini menyajikan kopi Toraja sebagai sajian utama dalam deretan menu utamanya, harga percangkirnyapun cukup fantastis untuk secangkir kopi Cafe ini membandrol dengan harga Rp 45.000. Pengunjungnya cukup banyak, jika dilihat dari penampilannya mereka dari golongan menengah keatas.

Toraja sebagai penghasil kopi Torabika dengan rasa khas (Toraja adalah gudang kopi terbesar di wilayah timur Indonesia). Kopi Toraja  memiliki cita rasa yang berbeda dan khas dibanding dengan dengan kopi dari wilayah lain didunia ini. Mutu kandungan tanah (soil) dipegunungan Sulsel ini yang membuat rasa kopi ini memiliki kesan tersendiri

Satu lagi kopi nusantara yang berkualitas. Salah satu kopi Specialty terbaik di kelasnya dengan keunikan tersendiri adalah kopi toraja, yang notabene di kenal dengan kopinya Sulawesi. saat ini Kopi Arabica Toraja sudah sedikit langka dan sulit ditemukan, karena banyak kopi arabica toraja berkualitas yang di ekspor atau di ambil alih oleh perusahaan kopi besar berkualitas, jadi kebanyakan kopi yang beredar kurang begitu baik mutu dan kualitasnya, kebanyakan saat ini yang tersedia adalah kopi Toraja Rebusta termasuk yang paling mudah didapat dibandingkan dengan jenis kopi Arabica Toraja.

Kopi toraja adalah kopi yang memiliki kandungan asam rendah dan memiliki body yang berat. Kopi ini juga dikenal dengan kopi celebes kalossi, yang diambil dari nama kolonial Belanda untuk salah satu daerah di Sulawesi. Kopi ini termasuk ke dalam jenis kopi arabica. Profil kopi toraja mirip dengan kopi Sumatera. Biasanya orang mencari kopi ini karena body yang berat dan rasa yang tidak asam. Sebagian orang bilang, kopi Sulawesi dan kopi Sumatera memiliki rasa khas yang serupa, seperti rasa tanah dan hutan (sulit membayangkan bagaimana rasanya). Rasa tersebut muncul karena terpengaruh pemrosesan setelah biji kopi dipetik. (Referensi: www.sweetmarias.com)

Aroma wangi kopi langsung tercium ketika membuka kemasan, meskipun tidak terlalu kuat. Rasa pahitnya berbeda dengan kopi jawa atau kopi lintong. Dan memang benar ada rasa seperti tanah di dalam kopi ini (jangan konotasikan ini dengan hal yang negatif, rasa tanah ini menjadi nilai lebih kopi toraja). Beberapa jenis kopi meninggalkan rasa pahit cukup lama di mulut, namun tidak dengan kopi toraja ini. Rasa pahitnya langsung hilang. Dan hal lain yang menarik yaitu sedikit rasa asam dalam kopi ini.

Mendeskripsikan kopi memang tidak mudah, lebih mudah menikmatinya. Penasaran? Sebaiknya anda coba langsung kopi toraja ini.


Sameera ChathurangaPosted By Sutrisno A. Malik

Siap Melayani Pembelian Tiket Pesawat Murah dan Cepat Untuk Anda '24 JAM'.

Hubungi saya via:

- Twitter: @sutrisnoam / @sindangwangitur

- Facebook: sindangwangitour - Phone / Whatsapp: 0812 2823 9730

0 Responses So Far:

Posting Komentar