Kopi Indonesia saat ini ditilik dari hasilnya, menempat peringkat keempat terbesar di dunia. Kopi memiliki sejarah yang panjang dan memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Indonesia diberkati dengan letak geografisnya yang sangatlah cocok bagi tanaman kopi. Letak Indonesia sangat ideal bagi iklim mikro untuk pertumbuhan dan produksi kopi. (viaWikipedia)
Tidak banyak soal sejarah kopi Indonesia yang dapat saya temukan di dunia maya. Karena kemarin saya baru mendapat kopi dari lampung oleh-oleh dari Lowo, saya jadi ada ide untuk membuat postingan soal kopi lampung. Tetapi soal kopi lampung-pun tidak banyak yang mengulasnya.

Dari wikipedia saya ketahui bahwa kopi di Indonesia diperkenalkan oleh pemerintah Belanda. Awalnya kopi ditanam disekitar Batavia (Jakarta), Sukabumi dan Bogor sebelum menyebar ke seluruh pulau Jawa, Sumatra dan Sulawesi.

Pada permulaan abad ke-20 perkebunan kopi di Indonesia terserang hama, yang hampir memusnahkan seluruh tanaman kopi. Pada saat itu kopi juga ditanam di Timor dan Flores. Kedua pulau ini pada saat itu berada di bawah pemerintahan bangsa Portugis. Jenis kopi yang ditanam di sana juga adalah kopi Arabika. Kopi ini yang tidak terserang hama.

Kopi robusta biasanya tumbuh di daerah rendah, sedangkan kopi arabika tumbuh di daerah tinggi.

Kembali mengenai kopi lampung pemberian Lowo. Terus terang saya bukan penikmat kopi hitam tanpa gula. Tapi kali ini saya memberanikan diri untuk mencobanya tanpa gula untuk mengetahui rasa asli kopi lampung.

Warna kopi lampung ini hitam pekat dengan aroma pahit yang kuat sekaligus asam yang agak tajam. Untuk penikmat kopi memang rasa pahitnya khan yang dicari?

Tetapi akhirnya saya mencampur gula untuk menikmati kopi lampung ini karena belum bisa menjadi penikmat sejati dari secangkir kopi hitam. Ada sedikit tips untuk mencari rasa yang enak untuk mencampur gula dalam sebuah kopi. Gula dimasukkan terakhir ketika kopi sudah diseduh. Masukkan satu sendok teh dulu dan kalau kurangtambahkan sedikit demi sedikit sampai menemukan porsi manis yang pas.
Selamat berakhir pekan dan menikmati kopimu.
sumber : blog.tukangmakan.com/