http://1.bp.blogspot.com/-JAztj-i4vZA/UUQkuy5nbyI/AAAAAAAAAG0/Pwxi7oq1hck/s1032/HEADER.png

Minggu, 07 April 2013

Perang Air yang Seru di Festival Songkran Pindah ke Jakarta


Jakarta - Tiap bulan April, warga Thailand merayakan tahun baru Festival Songkran yang khas. Tak perlu ke Thailand, serunya perang air dalam Festival Songkran bisa juga dirasakan di Jakarta!

Sabtu (6/4/2013), Hotel Sultan yang terletak di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, dikunjungi banyak warga Jakarta dan wisatawan asing. Di hotel ini, tepatnya Taman Sriwedari, digelar perayaan Songkran yang biasa dirayakan oleh warga Thailand.

Songkran adalah tahun baru tradisional Thailand. Elemen utama dalam festival ini adalah air yang merupakan wujud pembersihan jiwa, pikiran, dan tubuh. Saat Songkran, semua penduduk Thailand menyiramkan air ke segala arah dengan tujuan menghindarkan diri dari nasib buruk dan membersihkan diri dari kesalahan-kesalahan yang telah lalu.

Songkran adalah festival terbesar di Thailand, sekaligus yang paling diminati wisatawan. Tak heran Songkran juga diminati warga Indonesia, wisatawan asing, atau ekspatriat yang sedang menetap di Indonesia.

Terbukti, pantauan detikTravel yang menyambangi Festival Songkran hari ini di Hotel Sultan, Taman Sriwedari dijejali masyarakat segala usia. Mereka mengenakan pakaian santai agar bisa bermain air sepuasnya. Untuk masuk festival ini tak dipungut biaya, namun mereka yang ingin bermain air disediakan pistol air yang bisa dibeli di tempat.

Acara dimulai pukul 10.00 WIB, animo masyarakat sudah tinggi. Setelah pembukaan oleh para penari Thailand yang mencipratkan air wangi, perang air pun dimulai. Semuanya harus siap, bisa disemprot air dari mana saja!

Di meja-meja bundar tengah halaman, banyak orang kalang-kabut karena tersemprot air saat sedang makan. Tapi mereka hanya tertawa, menutup makanan sedemikian rupa dengan tangan, kemudian lanjut makan lagi.

Yang mereka makan bukan kuliner biasa. Di sekitar meja-meja bundar terdapat stan-stan yang menjual makanan khas Thailand. Mulai dari tubtim-grob yang merupakan pacar cina dicampur kopyor dan santan, sampai yam-ma-mung yang adalah salad mangga. Harganya bervariasi mulai dari 15.000 sampai Rp 30.000 per porsi. Ada juga Thai Tea asli yang terkenal kelezatannya!

Festival Songkran di Jakarta berlangsung meriah dan penuh canda tawa. Acara yang digelar oleh Tourism Authority of Thailand ini berlangsung seharian, hingga pukul 17.00 WIB.

sumber:detiktravel.com

Sameera ChathurangaPosted By Sutrisno A. Malik

Siap Melayani Pembelian Tiket Pesawat Murah dan Cepat Untuk Anda '24 JAM'.

Hubungi saya via:

- Twitter: @sutrisnoam / @sindangwangitur

- Facebook: sindangwangitour - Phone / Whatsapp: 0812 2823 9730

0 Responses So Far:

Posting Komentar