http://1.bp.blogspot.com/-JAztj-i4vZA/UUQkuy5nbyI/AAAAAAAAAG0/Pwxi7oq1hck/s1032/HEADER.png

Kamis, 06 Maret 2014

Nikmatnya Soto Sokaraja , Soto Khas Banyumas



Kalau mengunjungi kota Banyumas, Jawa Tengah, racikan soto khas Sokaraja wajib dicicipi. Soto ini punya rasa dan tampilan unik. Mangkuknya dijejali isian dan topping kerupuk kanji merah yang cantik menggoda. Sambal kacangnya yang gurih pedas bakal bikin ketagihan!
Seporsi soto Sokaraja yang hangat disajikan dengan potongan ketupat. Kecambah, suun, pootngan daging sapi yang epum menjadi isian soto berkuah bening ini. Taburan daun seledri, bawang merah goreng plus memaran kerupuk kanji berwarna merah melengkapi sajian ini.
Nama soto ini sama seperti daerah asalnya yaitu Sokaraja, Banyumas. Soto Sokaraja disebut juga dengan Sroto Sokaraja. Soto yang banyak di jajakan di sepanjang jalan Sokaraja ini umum disantap untuk makan siang ataupun makan malam. Terkadang ada juga yang menyantapnya untuk sarapan.
Kalau umumnya soto dinikmati dengan nasi berbeda dengan soto Sokaraja. Justru menggunakan ketupat yang lembut dan padat. Potongan ketupat ini dicampur langsung dengan isian dan kuah sotonya.
Kurang lengkap rasanya jika tidak menambahkan sambal. Nah uniknya sambal khas soto ini terbuat dari kacang tanah yang dikenal dengan saus kacang. Karena umumnya masyarakat Jawa Tengah tidak suka dengan pedas, maka rasa sambal inipun cenderung manis. Warna kauh soto yang sedikit kekuningan inipun bisa berubah menjadi keruh. Tentu saja rasanya jadi gurih-gurih pedas dan sedikit manis!
Salah satu kedai soto Sokaraja di Sokaraja menawarkan topping jeroan yang dipotong-potong. Ada hati ayam, ampela yang digoreng juga sate telur puyuh. Topping ini disajikan langsung satu mangkuk dengan isian soto lainnya. Kemudian disiram dengan kuah kaldu yang hangat mengepul.
Jodohnya menikmati soto yang unik ini adalah tempe mendoan. Tempe yang dibuat tipis dibalut adonan tepung lalu digoreng setengah kering. Lapisan tepung yang masih basah ini dikucuri sambal kecap cabai rawit. Wah, pedas gurih dan enak! Makin komplet santapan sroto Sokaraja yang sedap ini.



Sameera ChathurangaPosted By Sutrisno A. Malik

Siap Melayani Pembelian Tiket Pesawat Murah dan Cepat Untuk Anda '24 JAM'.

Hubungi saya via:

- Twitter: @sutrisnoam / @sindangwangitur

- Facebook: sindangwangitour - Phone / Whatsapp: 0812 2823 9730

0 Responses So Far:

Posting Komentar