http://1.bp.blogspot.com/-JAztj-i4vZA/UUQkuy5nbyI/AAAAAAAAAG0/Pwxi7oq1hck/s1032/HEADER.png

Rabu, 03 April 2013

Ulang Tahun ke-905, Tidore Gelar Festival Tidore 2013




Tidore - Tak mau ketinggalan dengan Ternate, Tidore, Maluku Utara juga punya festival meriah. Dalam rangka merayakan hari jadi ke-905, Tidore di Maluku Utara akan menggelar Festival Tidore 2013. Ada banyak ritual adat dan beragam atraksi seru lainnya!

Digelar pada tanggal 1-12 April 2013, ragam atraksi seru akan memeriahkan Festival Tidore 2013. Dalam acara ini, traveler akan diperlihatkan ritual, pameran budaya, festival adat, kirab Agung Kesultanan Tidore dan masih banyak lainnya.

"Festival Tidore 2013 berbeda dengan festival Jailolo dan Ternate. Ini adalah klimaks dari seluruh ritual adat di tiga kesultanan tersebut," kata Kadis Pariwisata Kota Tidore, Asrul Gani, di Gedung Sapta Pesona Lt 17, Jl Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (27/3/2013) lalu.

Mengangkat tema "Restorasi Budaya Menuju Masyarakat Berkarakter Budi Se Bahasa, Ngaku Se Rasai, Cing Se Cingari dalam Bingkai Loa Se Banari", bertujuan untuk mengembalikan tradisi terdahulu. selama 12 hari pengunjung akan disuguhkan berbagai ritual seru lainnya. Ada pertunjukan debus, Ratib Haddad Faraj atau Sahadat Boso Kene, doa dan masih banyak atraksi seru lainnya.

Dalam Festival Tidore 2013 ini, pemerintah Kota Tidore berharap bisa mencapai target 2.000 kunjungan. Oleh sebab itu, mereka juga menyediakan sesuatu yang spesial untuk wisatawan.

Akan ada pawai obor sepanjang 35 Km ini, akan membawa traveler keliling Tidore. Saat malam itu, semua penerangan akan di padamkan. Nah, saat inilah Anda bisa lihat cantiknya cahaya-cahaya obor di sepanjang jalanan di Tidore. Susananya amat tenang.

Asrul menambahkan, yang paling istimewa adalah armada laut Tidore juga akan keliling pulau. Mereka akan keliling pulau sambil membacakan doa-doa syukur di tempat-tempat keramat. Puncaknya, Kesultanan Tidore akan bertemu dengan Kesultanan Ternate di Jembatan Ternate. Di sana traveler akan melihat atraksi menarik.

Pensaran dengan keseruan Festival Tidore 2013?Ayo, atur jadwal dan siapkan perjalanan seru di tahan Tidore!

detiktravel.com


Sameera ChathurangaPosted By Sutrisno A. Malik

Siap Melayani Pembelian Tiket Pesawat Murah dan Cepat Untuk Anda '24 JAM'.

Hubungi saya via:

- Twitter: @sutrisnoam / @sindangwangitur

- Facebook: sindangwangitour - Phone / Whatsapp: 0812 2823 9730

0 Responses So Far:

Posting Komentar